Sabtu, 27 Juni 2015

Buka bersama atau maksiat bersama?

Assalamu'alaykum..
maaf sebelumnya tak pernah muncul untuk menulis 30 days blog challenge lagi, heheh..itu karna penyakit malas saya kumat.. maaf ya adminnya ^^

Kali ini saya ingin membahas tentang kebiasan di bulan ramadhan yaitu melaksanak buka bersama (bukber) sambil reunian. Nah, kalo masalah ini pasti kalian semua tau deh. Mungkin bahkan kalian sudah mengatur-ngatur jadwal untuk bisa mengikuti ritual rutin ini. Maklumlah, pasti disetiap jenjang sekolah kalian pasti sudah mempunyai rencana begituan. Katanya sih sekalian reunian akibat jarak dan waktu memisahkan kalian hehe.. 

Tapi aku tak pernah mengikuti acara itu. Gak tau kenapa. Bahkan ini sebelum aku hijrah. Temen dari SMP mengadakan itu setiap tahunnya namun aku tak pernah dtang. Temen SMA pun juga rutin tuh setiap tahunnya mengadakan acara begituan. Bahkan organisasi ku pun baik di SMP dan SMA mengadakan acara bukber itu, aku tak pernah dtang.

Tanya kenapa?

Alasan kenapa aku tak pernah ikut acara bukber bersama temen temen sepermainan dulu adalah :
1. Pulang malam
namanya juga buka bersama. Ya pasti pulang malam laa.. itu mungkin yang akan kalian bilang. Iya pulang malam. Aku emang sering ya pulang malam naik angkot kalo udah pulang dari kampus atau pun sekolah. Tapi gak pernah lewat dari jam 9. Nah, kalo bukber itu pulang pasti jam 9 deh. Terus aku pulang ke rumah gimana? Aku tak mungkin merepotkan teman teman ku untuk mengantar ke rumahku kan? Lagian kan mereka tak ada yg searah denganku. Kasian mereka. Dan aku juga gak enak sama orang rumah kalo aku pulang larut gitu. Apa kata tetangga juga? 

2. Katanya ajang silaturahmi
hhmmm, aku jadi berpikir, kok bukber jadi ajang silaturahmi yaa? Okelah iya, kita akan berkumpul di acara bukber itu, makan bareng ketawa bareng, memflash back masa lalu dll. Tapi ini bulan ramadhan. Bulan yang penuh berkah untuk melaksanakan ibadah. Kalo untuk ajang silaturahmi kan masih ada lebaran. Kan disitu lah sebenarnya untuk kita bersilaturahmi. Kalo bulan ramadhan ini cuma sebulan loo.. terus mau kalian sia siain gitu. Dibulan ramadhan kan, pahalanya dilipatkan. Emang jamin hidup lo bakal ketemu ramdhan di tahun depan?

3. Ibadah terbengkalai

aku juga pernah sih ikutan acara bukber organisasi yaitu PKR (Pesantren Kilat Rmadhan). Kenapa ikut? Ini karna terpaksa. Karna diriku panitia. Dan gak mungkin aku meninggalkan amanah ini kan? Aku sudah capek menyiapkan acara masak aku tak datang. Dari pengalaman itu, aku berpikir kok jadinya gak ikutan terawih ya? okelah sholat wajib ditunaikan. Terawih kan sunah sih? Iya sunah, tapi dia jarang hadir. Dia hanya hadir ketika ramadhan hadir. Kan sayang sih kalo ditinggalkan. lagi lagi, emang ada jaminan kalo lo bakal bertemu dengan ramdhan tahun depan? Dan banyak juga kalo dilihat, mereka mengepentingkan berceritanya daripada ibadah kepada Allah. Emang bukan kalian. Tapi yang lainnya.

4. Dana
yang terakhir sih masalahku ini nih. Biasanya kalo uda libur gini, gak ada uang pegangan broo.. jadi maaf maaf laa hahaha

begitulah menurutku untuk acara bukber itu. Tapi semua itu tergantung niatnya dan tergantung individunya sih heheh.. aku bukanlah orang yang sempurna dan aku bukan untuk mendoktrin kalian untuk tidak ikut atau tidak membuat acara bukber itu, tapi ini buat temen temen ku yang selalu mengajakku untuk ikut acara bukber. aku sering dibilang banyak alasan untuk tak ikut acara ini, karna emang sebenarnya aku punya banyak alasan sih hahah.. kan gak salah juga, kalo aku berpikir ttg beginian. 

Bagiku ramadhan itu berkah banget. Jangan sampai kehilangan berkah itu sekali saja. siapa yang akan menjami kita untuk bertemu lagi dengan ramadhan ini? Gunakanlah waktu untuk sebaik baiknya. Aku selalu ngebayangi, ketika aku pulang bukber dan aku kecelakaan dan aku kehilangan nyawaku. Padahal ibadahku masih sedikit, aku masih belum siap, aku masih takut. Bukat karna sok alim, tapi aku ingin taat padaNya. Aku malu padaNya. Ibadahku masih sedikit, tapi nikmat yang Dia beri selalu melimpah..

Allahu'alam. Wassalamu'alaykum wr wb.
Semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar